Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

China dan Turkiye Gelar Seremoni Groundbreaking Pabrik Baterai Mobil Listrik Terpadu yang Beroperasi Mulai 2026

 

Golden Bright - SIRO adalah nama yang diberikan untuk perusahaan patungan Farasis Energy (China) dengan produsen mobil listrik Turki Togg (Turkiye). Seremoni groundbreaking atau upacara peletakan batu pertama untuk Kampus Pengembangan dan Produksi Baterai SIRO ini dihadiri Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Dikutip dari kantor berita Antara, perusahaan patungan Turkiye dengan China ini berada di kota Gemlik di provinsi Bursa barat laut.

Fasilitas baru ini akan mulai beroperasi pada 2026 dan menjadi pusat terpadu yang memproduksi baterai, modul, dan kemasan Lithium-ion Nickel Manganese Cobalt.

Dalam sambutannya, Presiden Erdogan menyatakan bahwa langkah pembuatan pabrik ini bertujuan menjadikan Turkiye pemain yang kuat dalam teknologi baterai.

Baca Juga:

Film Ngeri-Ngeri Sedap Jadi Wakil Asean yang Diputar di Festival Film Internasional Beijing

"Turkiye akan menjadi salah satu dari sedikit negara yang mampu mengembangkan dan memproduksi sel baterai," tandasnya.

Dalam pembuatan pabrik ini ditanam investasi 33 miliar dolar Amerika Serikat (AS) ke PDB (Public Development Banks) dalam 10 tahun dan menciptakan 7.000 pekerjaan.

"Kami menunjukkan dukungan kami dengan menawarkan 30 miliar lira (1,55 miliar dolar AS) dalam investasi tetap," ungkap Presiden Erdogan.

"Dan kami akan terus mendukung siapa pun yang berkontribusi pada ekonomi Turkiye, baik asing maupun domestik," imbuhnya.

Fasilitas SIRO akan berlokasi tepat di sebelah Togg Technology Campus, yang telah mulai memproduksi baterai untuk kendaraan listrik pertama Turkiye. Didirikan pada 2018 dan didukung negara, Togg adalah proyek prestise untuk menghilangkan ketergantungan Turkiye terhadap pembuat mobil asing.

Baca Juga:Link Nonton The Love You Give Me Sub Indo Full HD, Drama China Terbaru yang Viral di TikTok

 

Sedangkan Farasis Energy mengoperasikan dua fasilitas produksi di provinsi Ganzhou dan Zhenjiang di China.

Posting Komentar untuk "China dan Turkiye Gelar Seremoni Groundbreaking Pabrik Baterai Mobil Listrik Terpadu yang Beroperasi Mulai 2026"